Review – Suplemen Belia – Harian Umum Pikiran Rakyat – Edisi Online

http://www.pikiran-rakyat.com/cetak/2007/112007/27/belia/review.htm
Artis: Zeke and the Popo (ZATPP)
Space in the Headlines
Label: Black Morse Records, Rilis: 2007

BICARA tentang Zeke and the Popo (ZATPP), belia selalu teringat dengan vokal Zeke yang (seakan) enggan bernyanyi, misalnya pada lagu “Unrescued World” yang dirilis pada album “JKT: SKRG”. Biarpun begitu, belia tidak lantas menjadi malas mendengarkan alunan musik yang diiringi vokal Zeke, malah belia seperti jatuh hati dengan suaranya yang agak mengingatkan belia dengan warna vokal Thom Yorke. Lalu, benarkah band ini sangat Radiohead seperti yang dikatakan orang-orang? Well, simak nih!

Full album ZATPP ini dibuka dengan lagu “Profesor Komodo”. Tidak butuh waktu lama untuk (lagi-lagi) jatuh hati dengan petikan gitar dan dentingan pianonya yang dominan di lagu ini. Jangan kecewa dulu dengan lagu-lagu lama yang dipasang di album ini, sebut saja lagu “1.1 Trillion Wood Cutters”, “Unrescued World”, “Mighty Love” dan “I-Novel”. Lagu “Unrescued World”, misalnya. Berbeda dengan versi sebelumnya, sekarang track ini diramaikan dengan saxophone dan piano. Malah vokal pada “I-Novel” pun tidak selantang sebelumnya, di sini Zeke seakan berbisik dan choir di versi ini, membuat lagunya lebih sempurna. Hmm, choirnya mengingatkan belia dengan “Medulla” kepunyaan Bjork.

Lalu belia diajak untuk bernyanyi pada track “Mighty Love”. Whiii! belia suka secara keseluruhan dengan lagu ini; sound gitar, strings, backing vokal, dan terutama liriknya. ZATPP pintar sekali memainkan emosi pendengarnya di album ini. Yang paling belia rasakan terutama adalah ketika mendengarkan lagu “Menu”, “Got a Star and Kill Her”, dan “C Song”. Temponya lambat but somehow bisa menyayat hati begitu awal lagu diperdengarkan sampai akhir. Eksperimen sound yang kental dari para personel ZATPP semakin menjadi-jadi, dengarkan saja track “History of Frequency” atau “Dukung Stasiun TV Lokal”. Sekalipun membuat keseluruhan album ini menjadi riuh, sama sekali tidak mengganggu. Malah belia kagum dengan kepiawaian ZATPP meracik komposisi lagu-lagunya.

ZATPP di album “Space in the Headlines” bukanlah imitasi dari Radiohead or whatever. Memang ada sedikit pengaruh permainan gitar Jonny Greenwood, tapi The Beatles di era album “White Album” lebih cocok jika kita mencari siapa dalang yang memengaruhi album ini. Lepas dari semua itu, seandainya ini adalah konser, maka hanya standing applause yang pantas diberikan untuk musik ZATPP. Chaotic yet blissful, itulah “Space in the Headlines”. ***

astrid_belia@yahoo.comz

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.