Menjadi Guru Tamu Di Sekolah Najma

Minggu lalu, Reniy bertanya apakah saya mau menjadi guru tamu di sekolahnya Najma.

Tawaran menarik! Langsung saya iyakan.

Tetapi setelah itu saya baru berpikir, mau mengajarkan apa ya?

Reniy lalu mengusulkan mengajar drums saja.

Ide bagus! Lalu Reniy pun mengabarkan gurunya Najma kalau bapaknya akan jadi guru tamu dan mengajarkan drums di kelas Najma minggu depan.

Terus terang, saya antusias sekali, karena saya belum pernah mengajarkan drums untuk anak kelas satu SD. Murid termuda saya itu dulu kelas 1 SMP. Pun itu yang membuat saya bingung dan berpikir kembali, untuk anak kelas 1 SD sebaiknya mengajarkan apa yah?

Akhirnya saya googling dan sibuk mencari video-video di youtube. Tapi cuma selewat saja. Waktu yang diberikan untuk mengajar itu 1 jam saja terserah versi Asti atau versi Audy tergantung usia.

Untuk peralatan yang saya bawa pun saya merencanakan tidak akan membawa drums set beneran. Pertama karena ribet dan akan berisik sekali. Kedua, drums saya ada di Duren Sawit. Dan ketiga, drums saya sudah tidak layak pakai, harus banyak yang diganti.

Jadi, akhirnya saya memilih untuk membawa djembe, cajon “pangku”, dan korg clip hit, sambil terus memikirkan di hari H nanti mau ngapain aja.

Sampai semalam pun saya masih memikirkan mau mengajarkan apa yah besok hahaha…

Akhirnya saatnya pun tiba. Lumayan deg-degan juga sih. Tapi pas masuk kelas melihat muka Najma yang tersenyum-senyum terus seperti mendapatkan energi. Dan yang saya ajarkan ke mereka pun jadinya mengalir saja panduan semua buyar hahaha.

Saya mengenalkan djembe dan Cajon terlebih dahulu, disertai latar belakang cerita tentang alat-alat itu. Mereka tahu drums, dan banyak yang langsung teriak-teriak kalau mereka punya gitar, piano, pianika, ukulele, dan lain-lain.

Anehnya, pandangan antusias mereka ke saya malah tidak membuat saya menjadi gugup. Beda banget sama sidang skripsi deh hahaha. Saya suka sekali mereka ceriwis, kritis, dan ingin mencoba alat-alat yang saya mainkan.

whatsapp-image-2016-12-06-at-18-53-44Dan terakhir saya mengeluarkan Korg Clip Hit. Buat yang belum tahu apa ini, Korg Clip Hit itu adalah drums dengan 4 output, 1 outputnya berbentuk pedal untuk pedal bass drums, 3 output lainnya bisa berbagai macam suara, dan tinggal dikaitkan ke mana aja. Tadi saya mengaitkan ke buku dan bulpen.

“Woooow!!!!!” Teriak mereka dengan penuh kagum. Senang sekali melihat muka-muka yang masih “asli” dalam bereaksi. Apa yang mereka tunjukkan itu nyata, bukan dibuat-buat.

Akhirnya mereka berebutan untuk mencoba Korg Clip Hit. Djembe dan Cajon saya bagikan juga ke yang lain yang mau memainkan. Oh iya, saya juga membawa “heel tambourine” yang akhirnya dipasang di tangan. Dan mereka juga suka. Dari beberapa anak banyak yang sepertinya bisa ‘diasah’ lagi kalau mau menjadi drummer hahaha…dan sepertinya kelasnya Najma tadi paling rame deh. Gak tahu deh kalau kelas lain jadi berisik banget hehehe.

Dengan alat-alat tadi saya mengajarkan irama, lalu setelah itu digabung dengan lagu-lagu yang mereka sudah biasa nyanyikan. Jadi goalnya adalah Mereka bisa bermusik di mana saja dan kapan saja menggunakan apa saja. Bisa memukul meja, menghentakkan kaki di lantai dan bertepuk tangan sambil bernyanyi.

Sesudah itu kita berfoto bersama. Ada teman Najma yang ketika berfoto memeluk saya erat sekali, dan saya kira dia itu Najma hahaha.whatsapp-image-2016-12-06-at-18-53-09

Kata Najma dia senang sekali saya menjadi guru tamu di kelas, dan teman-temannya juga senang, mereka mau diajarin lagi oleh saya dengan alat-alat yang saya bawa tadi. hahaha

Senangnya. Semoga mereka mendapatkan sesuatu dari yang saya ajarkan dan makin berminat untuk bermusik! \m/

Berikut sekilas saya mengajar sebagai guru tamu di kelas Najma.

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s