Manfaat Asuransi dan Hubungannya dengan Digitalisasi

Dulu, gue termasuk orang yang kurang mempedulikan manfaat asuransi. Tapi, pandemi yang terjadi sejak awal 2020 lalu di Indonesia sedikit banyak mulai mengubah persepsi gue nih. Situasi yang nggak pasti akibat pandemi Covid-19 menjadi salah satu motivasi utama gue buat belajar mengatur keuangan, termasuk menyiapkan dana darurat dan asuransi.

Sebagai produk yang sifatnya melindungi, manfaat asuransi sebenarnya bisa menjadi harapan buat siapa pun, termasuk gue, saat menghadapi suatu kesulitan. Tujuan orang menggunakan asuransi kan biasanya supaya mereka bisa mendapatkan jaminan perlindungan saat sebuah musibah menimpa mereka, yang bisa terjadi kapan pun dan di mana pun.

Nah, manfaat asuransi yang kaya gini nih yang bikin gue tergoda. Eits, tapi beda lho ya sama godaan wanita xixixi awokwokwok skawkwkwk. Kalau dari yang gue baca, manfaat asuransi kan macam-macam tuh. Mulai dari perlindungan kesehatan, jiwa, sampai asset berharga lainnya kaya rumah dan kendaraan. 

Dari semua manfaat itu, gue justru tertarik sama asuransi kendaraan. Ini gara-gara gue terpapar postingan @tuguinsurance di Instagram yang bilang kalau mereka punya produk asuransi mobil mulai dari Rp33.000/bulan bernama t drive dan asuransi motor mulai dari Rp10.000/bulan bernama t ride. Langsung aja gue cek website Tugu Insurance di www.tugu.com buat kepoin produk-produknya.

Pertimbangan gue, premi segitu sih oke banget buat mengcover mobil dan motor gue dari kecelakaan. Lagian, manfaat asuransi kendaraan kan nggak cuma sebatas alat ganti rugi jika terjadi kecelakaan, tapi juga sebagai investasi perawatan.

Manfaat Asuransi Kendaraan Buat Gue

Buat sebagian orang memiliki asuransi kendaraan mungkin nggak terlalu penting karena mereka menganggap bisa mengendarai kendaraan secara hati-hati sehingga terhindar dari kecelakaan. Itu juga yang ada di pikiran gue sebelumnya. Tapi, makin hari sepertinya gue mulai sadar betapa kerasnya jalanan Jakarta.

Tahu sendiri kan kondisi jalanan di Jakarta? Senggol sana sini hahahaha. Belum lagi risiko pencurian kendaraan. Kalau udah dilindungi asuransi kan gue nggak perlu pusing mikirin duit buat biaya perbaikan seandainya kendaran gue kenapa-napa.

Kita kan nggak pernah tahu tentang hal-hal yang mungkin terjadi di masa depan. Makanya, menurut gue penting juga memiliki perlindungan dari berbagai risiko, dalam hal ini perihal kendaraan, seperti risiko kerusakan hingga kehilangan. Gue sih jelas nggak rela kendaraan gue bernasib naas akibat nggak adanya proteksi, secara gue sudah susah payah menabung demi memilikinya.

Digitalisasi Asuransi untuk Hidup Lebih Baik

Hampir semua orang saat ini sudah menggunakan smartphone. Iya nggak sih, guys? Semua kegiatan mulai dari berkomunikasi, memesan alat transportasi, jajan, sampai kebutuhan belanja semuanya dilakukan melalui smartphone. Bahkan, transaksi perbankan sampai pembayaran tagihan juga semuanya bisa dilakukan secara online.

Nggak terkecuali dengan asuransi nih, guys! Adanya digitalisasi dalam industri asuransi semakin mempermudah gue buat mencari informasi. Nggak cuma itu, digitalisasi asuransi juga bakal meningkatkan kenyamanan dalam bertransaksi karena mulai dari pembayaran premi hingga pengajuan klaim semua bisa dilakukan dari smartphone.

Asik, kan? Untungnya Tugu Insurance juga memiliki aplikasi mobile bernama tdrive yang bisa diunduh di Google Play Store atau Apple App Store, jadi gue bisa melakukan semuanya secara online. Dari hasil belajar gue di kampus Google alias ‘googling’, gue menyimpulkan seenggaknya ada tiga hal kenapa digitalisasi asuransi bisa bikin hidup lebih baik. Cekidot!

Proses Asuransi Online Lebih Mudah dan Cepat

Keuntungan utama dari adanya digitalisasi asuransi menurut gue adalah praktisnya semua proses yang dibutuhkan. Daripada mengisi berlembar-lembar formulir kertas, gue tinggal memproses secara digital. Dengan proses digital, proses persetujuan dan lain-lain bisa terjadi secara online dan nggak memakan waktu berhari-hari.

Belum lagi proses manajemen polis yang bisa dilakukan serba digital. Gue bisa mengarsip dan memonitor status semua polis asuransi yang dibeli dari akun digital gue. Salah satunya, gue bisa melakukan pembayaran polis- melalui metode pembayaran yang gue suka.

Premi Asuransi Online Lebih Terjangkau

Secara harga, produk asuransi yang dijual secara digital biasanya lebih ekonomis. Yah, mungkin ini mirip sih dengan logika yang bilang kalau belanja online bisa lebih murah daripada belanja di toko. Hemat ini nggak hanya hemat secara harga, lho. Tapi juga hemat secara waktu dan biaya transportasi. Selain itu, proses penjualan asuransi digital pun bisa dibilang lebih hemat secara operasional. 

Seperti yang sudah gue ceritakan di atas, dengan premi mulai dari seharga secangkir kopi di cafe setiap bulan, gue bisa mendapatkan manfaat asuransi dengan perlindungan yang maksimal buat kendaraan gue. Cool!

Fitur Tambahan dari Aplikasi Mobile

Yang ini gue cukup kaget sih. Ternyata, aplikasi mobile dari perusahaan asuransi tuh nggak cuma menyediakan layanan buat nasabahnya, lho. Tapi juga menyediakan fitur-fitur yang menarik buat pengguna umum. 

Contohnya, aplikasi tdrive dari Tugu Insurance yang gue cobain. Di aplikasi ini, gue bisa memantau gaya berkendara gue dari aspek kecepatan, akselerasi, menikung, penggunaan telepon seluler, mengemudi pada pagi hingga malam hari, serta melihat jejak CO2.

Lebih asik lagi kalau kita sudah menjadi pelanggan Tugu Insurance. Kita bisa menggunakan aplikasi ini untuk mengirim lokasi  apabila terjadi kecelakaan. Dengan begitu, Tugu Insurance akan mengirim truk derek ke tempat kejadian secara cepat sehingga dapat menekan biaya derek, serta menyegerakan layanan perbaikan kendaraan.

Na, sekarang sudah paham dong manfaat asuransi dan hubungannya dengan digitalisasi? Fix sih ini gue akan melindungi kendaraan kesayangan gue dengan asuransi. Gimana dengan lo?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: